Tahanan : Gaya yang terjadi (dialami kapal), berbanding pangkat dua dengan
kecepatan kapal. Satuannya
(SI) adalah
Newton, lambang N. Dalam bidang penerbangan istilah tahanan disebut drag, sementara di laut sebagai resistance
Model matematika : Persamaan atau beberapa (sistem) persamaan matematika sebagai representasi fenomena alam
Model fisik : Dalam bidang perkapalan, ukuran model jauh lebih kecil dari ukuran benda (prototype, full-scale) dengan bentuk yang serupa
Fluida ideal : Fluida anggapan (penyederhanaan), misalnya kekentalan
diabaikan untuk kemudahan dalam penyelesaian masalah.
Sering juga aliran fluida dianggap (partikel air)
tidak
mampu mampat (incompressible) dan tak berotasi (irrotational)
Fluida real : Fluida yang sebenarnya, air laut dan air sungai
(tawar)
memiliki kekentalan,
Dalam perhitungan
gaya (aliran) fluida terhadap
benda, dengan memperhitungkan kekentalan maka perhitungan (persamaan) lebih panjang / rumit, akan tetapi hasil akan lebih teliti dibanding dengan fluida ideal.
Towing Tank
: Tangki air tawar untuk percobaan model fisik dengan cara menarik /
menggerek. Percobaan di TT merupakan representasi
kapal yang berlayar di laut.
Towing Carriage
: Kereta diatas tangki yang digerakkan (dengan motor diatas rel) dimana model di jepit atau diikat untuk dicoba.
ITTC Singkatan dari International Towing Tank Conference. Peserta konferensi 2 atau 3
tahunan untuk membahas hasil percobaan towing
tank anggota yang mencakup
hampir diseluruh dunia
Wave maker : Pembangkit
gelombang di ujung Towing Tank untuk percobaan model fisik
pada laut (keadaan) berombak. Pada percobaan awal, biasanya model kapal ditarik pada keadaan tenang (tanpa ombak).
Foil : Penampang
benda yang
relatif tipis
yang salah satu
sisi penampangnya cembung dan yang satu lagi agak rata. Benda itu memiliki daya angkat ketika melaju dengan kecepatan
tinggi. Dalam bidang dirgantara
disebut aerofoil
(airfoil) sementara dalam bidang kelautan disebut hydrofoil
Bulbuous bow : Haluan kapal bagian bawah air yang dibuat menonjol kedepan dengan bentuk bervariasi (umumnya mirip setengah bola) untuk memperkecil beban atau tahanan ombak.
Wave making resistance : Komponen tahanan kapal yang disebabkan ombak yang terjadi
akibat
gerak kapal
(air tenang).Tahanan ini tidak
termasuk ombak
laut (akibat angin misalnya)
Kapal pembanding :
Kapal yang digunakan sebagai acuan (karena tipe yang sama) dalam rancangan kapal baru, termasuk besar tahanan. Perbedaan besar tahanan kurang dari 5 % antara kapal yang akan dibangun dan kapal pembanding dapat diterima.
Drag : istilah dalam bidang dirgantara / penerbangan untuk gaya tahananpesawat terbang
Streamline : bentuk aliran kental
yang garis alurnya tidak berpotongan satu dengan yang lain ( gerakan halus berlapis).
Turbulen
: aliran kental dengan gerakan partikel fluida acak, 3-D, superimposed
pada rerata gerak
Source : Pada aliran potensial, pola aliran pada bidang x-y, secara radial keluar dari sumbu z dan simetris dalam segala arah.
Sink
:
kebalikan source,
Ttk
pusat (origin)
sink atau
source adalah
suatu titik singular, krn
kecepatan radial mendekati tak terhingga begitu jari-jari mendekati nol.
Teori
Tahanan
Tahanan bagian bawah (dari permukaan air sampai ke dasar kapal) pada dasarnya sama dengan tahanan pesawat terbang atau kapal selam. Tahanan itu dipengaruhi (tergantung
pada) gesekan yang terjadi. Gesekan pada kapal dengan permukaan halus
lebih kecil dari pada kapal dengan permukaan kasar.
Contoh soal
Diketahui suatu kapal tipe displasemen serta data sebagai beriku.
Koefisien tahanan total = 0,03. Luas bidang basah di sungai adalah 500 m2
Kecepatan adalah 10 knot. Hitung (gaya) tahanan kapal itu ketika:
1. Berlayar di sungai
2. Berlayar di laut
Jawab
Model matematika (rumus) tahanan adalah
R
= 0,5
CT .A.v2 .rho
R = 0,5.0,3 500.[10 (0,5)]2 1000 kg / m3 (N)
sungai
R
= 0,5
.0,3. 500 [10 (0,5)]2 (1000 / 1,03) kg / m3 (N)
laut
Soal
1.
Sebutkan beberapa model yang digunakan dalam perkiraan tahanan kapal
ð
Gaya yang terjadi (dialami kapal), berbanding pangkat dua dengan kecepatan kapal.
Satuannya (SI) adalah
Newton, lambang N. Dalam bidang penerbangan istilah tahanan disebut drag, sementara di laut sebagai resistance
2.
Jelaskan Metode Numerik
3.
Jelaskan aliran potensial
4.
Jelaskan aliran laminer dan turbulent.
·
Aliran
laminer : aliran dimana cairan yang bergerak dengan lapisan tanpa ada perubahan
dari massanya
·
Aliran
turbelent : aliran dimana cairan yang bergerak tidak beraturan dari intensif
massanya
5.
Jelaskan pengertian tahanan kapal, satuannya adalah ?
Froude menganggap bahwa tahanan gesek benda berbentuk kapal sama dengan tahanan gesek pelat segi empat yang mempunyai luas bidang basah dan panjang yang sama dengan luas bidang basah dari kapal tersebut. Ini berarti permukaan basah kapal (S) dihitung sebagai perkalian antara panjang kapal dengan panjang lengkung sisi badan kapal
(girth) rata-rata.
1) Tahanan
gesek
(Rf)
disebabkan
karena pengaruh viscositas dan gaya inersia
2) Tahanan sisa (Rr) disebabkan karena pengaruh gaya grafitasi dan gaya inersia. Jadi tahanan sisa tidak tergantung pada tahanan gesek.
Tahanan total Rt = Rf
+ Rr
Daya efektif kapal (HP) EHP = Rt V / 75 (HP)
Penentuan angka reynold (Re) Re = VsxLwl υ = 1.18831 x 10-6 m2/dt
u
Berdasarkan buku rsistance and propulsion of ship (halaman 117), tahanan total yang terjadi pada sebuah kapal dapat dihitung dengan memakai rumus ;
RT = ½ ρ V2 S CT (kg) ………….………………..………………. (4.37)
Dimana ;
RT = tahanan total kapal (kg) CT = koefisien tahanan total
ρf
= massa jenis fluida (kg/m3)
V = kecepatan kapal (m/s)
S = luas bidang basah (m2)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar